Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Animasi Pada Mata Pelajaran Dasar Kejuruan Kelas X TKJ

Greys Latena, Dian Novian, Arif Dwinanto, Mukhlisulfatih Latief, Tajuddin Abdillah, Eka Vickraien Dangkua

Abstract


Abstract

Learning media serve as a tool to facilitate the teaching and learning process, enabling learning objectives to be achieved effectively and efficiently. The learning medium that previously used in the teaching and learning process is considered less varied, as it primarily only relies on printed books and modules as learning resource. The objectives of this research are (1) to develop learning medium as a tool to support the learning process for students in the Basic Vocational subject for Class X of TKJ major at SMK Negeri 1 Kaidipang, and (2) to analyze the feasibility of learning medium through media feasibility tests conducted by material experts and media experts, as well as practicality tests by students as the users. This research used the R&D method whit the 4D development model. This learning product is designed using Adobe Animate software. The research findings show that the developed learning medium received a percentage score of 94.38% from material experts, categorized as very feasible; 90.21% from media experts, categorized as very feasible; and 94.89% from user tests, categorized as excellent. Therefore, it can be concluded that the developed learning medium is considered feasible for use in the learning process, supporting teachers and students, particularly in understanding network media.

 

Keywords:
Basic vocational; learning medium; 4D model.

 

Abstrak

Media pembelajaran berfungsi sebagai alat yang dapat membantu jalannya proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Media yang sebelumnya digunakan dalam proses belajara mengajar dapat dikatakan kurang bervariatif, karena hanya memanfaatkan sumber belajar dari buku cetak dan modul. Tujuan penelitian ini yakni (1) mengembangkan media pembelajaran sebagai alat bantu proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Dasar Kejuruan kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Kaidipang, (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran melalui uji kelayakan media oleh ahli materi dan ahli media, serta uji coba kepraktisan media oleh penggunanya yaitu siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D dengan menggunakan model pengembangan 4D. Produk pembelajaran ini perancangannya memanfaatkan software Adobe Animate. Hasil penelitian terhadap media pembelajaran yang dikembangkan yaitu ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 94,38% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 90,21% dengan kategori sangat layak, dan hasil uji pengguna memperoleh nilai persentase 94,89% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran, guna mempermudah guru dan siswa pada proses pembelajaran, terutama tentang media jaringan.

 

Kata Kunci:
Dasar kejuruan; media pembelajaran; model 4D

Full Text:

PDF

References


Adhaeni, N., Arif, R. N. H., & Nuraeni. (2024). Penggunaan media pembelajaran interaktif Adobe Animate CC untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1223–1230.

Alani, G. D., Mesterjon, & Hermawansa. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Dasar Siswa XI TKJ Di SMK 3 Kota Bengkulu. Computer and Informatics Education Review, 6(2), 13–16. https://doi.org/10.33258/cier.622024.7119.13-16

Arief, M. M. (2021). Media pembelajaran IPA di SD/MI (tujuan penggunaan, fungsi, prinsip pemilihan, penggunaan, dan jenis media pembelajaran). Jurnal Tarbiyah Darussalam, 5(8), 13–28. https://jurnal.iaidarussalam.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/33

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. In Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Adobe Animate CC pada materi bangun ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 1086–1097. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170

Batunan, A., Riano Kaparang, D., & Mewengkang, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran jaringan dasar di SMK Negeri 2 Bitung. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(19), 528–541. https://doi.org/10.53682/edutik.v3i1.6859

Dadi, H. H., Latief, M., Suhada, S., Amali, L. N., & Suwandi, I. (2024). Pengembangan media animasi Motion Graphic pada materi jaringan komputer dan internet Kelas X TKJ di SMK Negeri. Jurnal Vokasi Sains Dan Teknologi, 4(1), 45–54. https://doi.org/10.56190/jvst.v4i1.69

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862

Febriani, A., Azizah, Y., Satria, N., & Eka Putri, D. A. (2023). Penggunaan media pembelajaran berbasis TIK oleh guru sebagai media pembelajaran yang menarik. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.55352/edu.v1i1.512

Istiqomah, P., Tullah, R., & Ferawati, F. (2022). Pengembangan aplikasi media pembelajaran materi peluang matematika SMK berbasis adobe animate. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 260–271. https://doi.org/10.33654/math.v8i3.1947

Milala, H. F., Endryansyah, E., Joko, J., & Agung, A. I. (2021). Keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(02), 195–202. https://doi.org/10.26740/jpte.v11n02.p195-202

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Nur Alim, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Macromedia Flash dalam Fiqih Islam materi pokok sholat dan zakat. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 38–59. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.66

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29261

Rahmawati, N. S., Qomaria, N., Yuniasti, A., Wulandari, R., Ahied, M., Rendy, D. B., & Putera, A. (2023). Uji kelayakan media pembelajaran berbasis animasi dengan menggunakan Adobe Animate pada materi perubahan iklim. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(2), 11–19. https://doi.org/10.21107/nser.v6i2.12052

Saraswati, S., Supriyatna, N., Rahayu, S., & Wiharja, H. (2023). Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMK PU Negeri Bandung. Technology Journal, 4(2), 111–120. https://doi.org/10.38038/vocatech.v4i2.97

Siddik, M. F. (2023). Reduksi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam; analisis variasi metode dan media pembelajaran berbasis digital. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4, 767–777. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.670

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA.

Susanto Naku Kurniawan. (2022). Modul ajar teknik jaringan komputer dan telekomunikasi.

Thiagarajan, S., Semmel, D., S., & Semmel, M., I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A Sourcebook. (Issue Mc). Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Wibawanto, W. (2020). Game Edukasi RPG (Role Playing Game). LPPM UNNES.

Zarita, S. S., Yusra, C. L., & Wiharja, H. (2024). Pengaruh pendekatan partisipatif terhadap hasil belajar fisika 1,2. Journal BIOnatural, 11(2), 123–130.




DOI: https://doi.org/10.38038/vocatech.v6i2.196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOCATECH : Vocational and Technology Journal
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat
Komplek STTU Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23615
Telp. (0655) 7110271
Email: vocatech@aknacehbarat.ac.id


VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Published by:
Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat & Penjaminan Mutu
Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat


Indexed by:

GS2 logoCrossref logoGaruda logosinta-5 logosinta-5 logo

Creative Commons License logo

VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.